Apa itu Alexa Rank ??



Logo Alexa

Mungkin kita sering mendengar istilah Alexa Rank dalam dunia Internet, namun sebagian ada juga yang belum mengerti tentang istilah Alexa dan fungsinya, lalu apa itu Alexa Rank?
Alexa Internet, Inc. adalah perusahaan berbasis di California yang mengoperasikan situs yang menyediakan informasi mengenai banyaknya pengunjung suatu situs dan urutannya. Alexa Internet didirikan pada tahun 1996 oleh Brewster Kahle dan Bruce Gilliat.

Cara kerja Alexa rank

Alexa memberikan peringkat ke sebuah situs berdasarkan jumlah pengunjung unik. Semakin rendah alexarank dari situs berarti situs memiliki sedikit pengunjung unik.Jadi jika Anda bisa mendapatkan lebih banyak traffic
ke situs Anda, Anda akan mendapatkan lebih rendah alexa rank.
Lalu apakah alexa rank yang rendah selalu menjadi indikator situs anda kurang pengunjungnya? bisa ya bisa tidak jawabannya :)
Alexa trafic didasarkan pada pola penggunaan Alexa Toolbar.Dari situs resmi Alexa bahwa alexa rank diupdate setiap 3 bulan. Alexa’s rank hanya memberikan peringkat pada halaman domain tingkat atas saja atau home (misalnya www.domain.com) . Alexa tidak memberikan peringkat untuk subpages dalam sebuah domain (mis. www.domain.com / subpage.html) atau subdomain (misal subdomain.domain.com) kecuali jika Alexa dapat secara otomatis mengenali mereka sebagai situs pribadi atau blog, seperti yang host di geocities dan tripod. Jika situs dikenal pasti sebagai halaman home web pribadi atau blog, maka halaman home tersebut akan di index dan diranking oleh Alexa. Jadi alexa rank untuk sub page otomatis mengikuti Alexa rank halaman utama (home).

Kelemahan Alexa:

  1. Jika pengguna internet (pengakses situs anda tidak menginstal Alexa Toolbar di browsernya) maka sekalipun ada 1000 pengunjung situs anda dalam sehari, Alexa akan tetap menilai situs anda tidak ada pengunjungnya.
Jika dalam sehari ada yang mengakses situs anda 20 kali dengan alamat IP (Internet protocol) yang sama, maka akan dianggap situs anda hanya dikunjungi oleh 1 satu orang hanya dapat poin 1, akan berbeda jika situs anda dikunjungi oleh 20 orang dengan alamat IP berbeda (unik) maka situs anda akan memperoleh nilai 20 (nilai ini hanya pengandaian, Alexa mempunyai formula sendiri dalam menentukan nilai sebuah web) .

Bagi anda yang ingin mengetahui alexa rank blog atau web pribadi, ada dua cara yang bisa anda lakukan:

  • Kunjungi alamat ini: http://www.alexa.com/
  • Masukkan alamat blog atau web (URL) anda.  Contoh: http://anggas4putra.blogspot.com/
  • Kemudian klik search maka akan tampil alexa rank blog atau web anda. Untuk mendapatkan informasi lebih detail lagi tentang blog atau web, anda tinggal klik get detail.



    Baca juga Artikel ini:



    17 komentar:

    1. terimakasih infonya.. :D

      BalasHapus
    2. Sama-sama, makasih juga udah visit

      BalasHapus
    3. wah gtu ya rupanya,,,harus install toolbar juga...thanks infonya sob :)

      BalasHapus
    4. Seumur-umur ngeblog, baru kali ini saya paham apa itu alexa rank :D

      BalasHapus
    5. wah informasinya sangat menarik untuk dibaca,penuh ilmu dan pengetahuan..thanks ya om admin atas kerelaannya berbagi sangat berguna kami

      BalasHapus
    6. Mulai hari ini, mari kira introspeksi dengan semua hal yang telah kita lakukan. Semua akan kita pertanggung jawabkan, baik dan buruk adalah tergantung kita.

      BalasHapus
    7. Melihat update terbaru anda hari ini. Paling asyik cari berita melalui internet, bisa pilih apa aja, banyak hal baru yang kita dapat. Harapan saya web ini juga menjadi pilihan banyak pembaca untuk mencari informasi

      BalasHapus
    8. beritanya sangat bagus dan menarik bagi saya

      BalasHapus
    9. Hadir untuk menyampaikan ucapan terima kasih dan salam sukses untuk semua. Mungkin hanya bisa saling berpesan untuk selalu semangat dan sabar dalam meniti karir.

      BalasHapus
    10. wah informasinya sangat menarik untuk dibaca,penuh ilmu dan pengetahuan..thanks ya om admin atas kerelaannya berbagi sangat berguna kami

      BalasHapus
    11. Selamat pagi ! Kelihatannya beritanya menarik nih, banyak artikel bagus-bagus untuk disimak.moga kabar baik untuk anda dan pembaca semua. Saya pingin tau informasi dan berita terbaru untuk hari ini ! Soalnya saya baru buka nih, mau baca-baca dulu, sambil ngopi, asyik banget, salam sukses aja untuk anda semua.

      BalasHapus
    12. terima kasih banyak karena telah menyajikan berbagai informasi yang sangat menarik , sukses selalu untuk anda semua nya :)

      BalasHapus
    13. Oh jadi itu kelemahannya , Makasih gan

      BalasHapus
    14. wow, alexa saya masih 3 juta, ini dah bagus apa belum yah?

      BalasHapus
    15. wow i very excited with your post!! i thing this is about something like i never could to happen but i really
      make it mine ! thanks all :D
      ihsanmagazine.blogspot.com

      BalasHapus

    Dengan komentar, setiap orang dapat memperbaiki kesalahannya

     
    Return to top of page Copyright © 2016 | Theme Converted into Blogger Template by HackTutors and Ranggas4putra